+44(0) 1234 567 890 info@domainname.com

Jumat, 11 November 2016

Top Secret: Menghilangkan Kebiasaan Menunda-nunda!

23.46

Share it Please
Membuat tugas akhir atau skripsi tidaklah semudah yang dibayangkan. Tidak sedikit mahasiswa yang telat studinya dikarenakan keengganan untuk mulai menulis. Keengganan ini muncul dikarenakan tidak terbiasanya menulis. Sehingga sulit untuk menuangkan gagasan/pikiran dalam untaian kata-kata. Memang patut kita sadari, bahwa kemampuan menulis tidak bisa diperoleh secara instan. Kemampuan menulis itu akan hadir dan berkembang jika kita mau memulai dan mencoba untuk menulis. Dan bukan rahasia lagi, bahwa memulai itu adalah bagian yang paling sulit. Saya rasa semua orang setuju dengan hal ini. Karena memulai sangatlah berat, maka biasanya akan timbul "Procrastination" atau dalam bahasa Indonesianya adalah "penundaan". 
Pada tulisan kali ini saya akan sedikit berbagi tips menghadapi kebiasaan menunda khususnya dalam menulis tugas akhir yang saya peroleh dari majalah get scholar! Edisimaret 2014. Berikut beberapa tips untuk menghadapi  kebiasaan menunda (procastination) dalam menulis :

1. I WANT TO, (not I have to)
      Jika menulis itu kamu anggap berat, maka ubahlah mindset "saya harus menulis" (i have to) menjadi "saya ingin menulis" (I want to). Karena ini akan meringankan beban mental kita dan juga akan memperbaiki mood kita dalam menulis

2. FOCUS
      Matikan hal-hal yang sekiranya mengganggu konsentrasi seperti handphone,sosial media,dll. Hal ini penting jika kita ingin melihat tulisan kita SELESAI. Karena handphone dan sosmed akan membuat konsentrasi kita terpecah dan ide-ide menulis kita akan hilang. Sehingga akan menggangu keberlanjutan tulisan kita.

3. JUST DO IT, (It's OKAY not to be perfect)
         Satu lagi hal yang membuat kita menunda untuk menulis adalah ketakutan bahwa tulisan kita jelek atau tidak sempurna. Tapi bukankah kata pak Anis Baswedan skripsi/tulisan yang baik adalah tulisan yang selesai?. Dan bukankah nantinya tulisan kita dapat kita perbaiki setelah SELESAI? Dan Bukankah lebih mudah memperbaiki sebuah tulisan daripada membuatnya?

4. DO IT NOW
         
Jadi, kapan kita harus mulai menulis? Ketika ada waktu luang? ketika ada mood?. Ahh itu adalah bisikan-bisikan negatif yang kerap dihembuskan oleh pikiran negatif kita dikala kita mau menulis. Ujung-ujungnya saya yakin ga akan jadi menulis. Saya udah merasakannya sendiri. Terlebih dalam penulisan tugas akhir, biasanya penyakit ini akan mulai menjangkiti para mahasiswa. So, tunggu apalagi? jika dalam benak kita ada keinginan untuk menulis, lakukan sekarang. Do It NOW!!


0 comments:

Posting Komentar