+44(0) 1234 567 890 info@domainname.com

Senin, 28 November 2016

Cara Mengatasi Persneling Grand Livina Tidak Mau Berpindah Ke Gigi Mundur

17.15

Share it Please
Sebetulnya ini tips agak menguak aib sendiri. Tapi gpp lah di share barangkali ada yang mengalami hal serupa. Jadi ceritanya tempo hari gw dipinjami  mobil dosen untuk balikin alat GPS Geodetic yang dipinjam dari salah satu konsultan land survey di Jogja. Awalnya gw males kalau pakai mobil dosen, takut kalau terjadi apa2 bisa panjang nanti masalahnya. Yah, tapi karena beliau ini ga mau repot kalau harus pesen taksi atau sewa mobil barang setengah hari, makanya dengan terpaksa dan ekstra hati-hati gw bawa mobilnya si dosen.

Mobilnnya sih biasa aja, grand livina. Tapi sepertinya yang keluaran terbaru  dengan 6 speed alias gigi persneling sampai 6, kayak mobil F1 aja nih!. Awalnya lancar-lancar aja nih mobil, sampai ketemu tikungan di gang sempit di dekat  selokan mataram jalan Monjali mau belok ga sampai, jadi harus mundur dulu. Nah, ternyata petaka berawal dari sini. Mobil ini pindah gigi mundur tapi malah maju. Kulihat lagi di penampang persnelingnya ternyata urutan gigi mundurnya bukan yang paling belakang. Tapi malah yang paling depan. Kulihat dari jendela mobil dan motor di luar sana pada menunggu dan mulai klakson. Karena mereka terhalang mobilku yang memakan habis badan jalan. Oke, dengan tenang kupindah perneling ke gigi mundur di paling ujung. Ternyata mobil ini masih belum mau mundur. Wah, mobil ini rusak apa memang pantang mundur ya?, pikirku dalam hati. Kucoba ulangi berkali-kali masih belum bisa. Akhirnya temanku si saiful yang nemenin balikin alat keluar dari mobil untuk minta bantuan. Akhirnya ada salah seorang pengendara motor yang rela mendorong mudur mobilku agar bisa melewati tikungan sempit tersebut.




Penampang Persneling livina dengan 6 speed 

Nah, akhirya mobil segera kupinggirkan dan karena bingung kami berdua akhirnya browsing-browsing cara memperbaiki mobil yang ga bisa mundur. Setelah mencoba agak lama dan zonk belum berhasil-berhasil akhirnya gw telfon dosen gw. Dan si dosen malah tertawa terpingkal-pingkal dan minta maaf karena lupa kasih tahu.

Tuas Persneling livina dengan ring dibawah handlenya. 

Nah ternyata begini kawan caranya, sebelum berpindah ke gigi mundur, dibawah handle tuas persneling ada  semaacam ring yang perlu ditarik keatas dulu sebelum berpindah ke gigi mundur. Wah ternyata sesederhana ini caranya. Buat teman-teman yang mungkin mengalami hal serupa semoga bermanfaat tips ini. Karena mungkin hanya mobil keluaran nisan atau mungkin saja hanya grand livina yang sistemnya kayak gini. Jadi kurang familiar. [arr]

9 comments:

  1. Saya juga mengalami hal serupa

    BalasHapus
  2. terimakasih sekali bang. sangat bermanfaat. karna ketika mengalami hal tersebut, tulisan anda menjadi panduan yg sangat bagus. sip...

    BalasHapus
  3. Sama saya juga mengalami hal serupa wkwkwk.
    Untung ada artikel ini sangat membnti saya.
    Tks

    BalasHapus
  4. Hehe sya jg gaptec..pas mau mundur gigi gak masuk2 malah maju, mana di depannya ada mobil.
    maksih sharenya sangat bermanpaat..

    BalasHapus
  5. Terimakasih panduannya,semoga menjadi pahala jariyah bagi anda. Aamiin...

    BalasHapus
  6. Makasi banyak bro. Gw juga sempat malu wkkwwkwkkw

    BalasHapus